Minggu, 09 September 2007

Dua Sekolah Kristen Dapat Dana Rp 10 Miliar

Dana alokasi khusus (DAK) 2007 yang dianggarkan sebesar Rp10 miliar lebih, sebagian akan disisihkan untuk dua sekolah swasta Kristen yaitu Sekolah Dasar (SD) Advent dan SD GPID, meski dari dana DAK tersebut sudah di alokasikan kepada 38 sekolah diluar kedua SD Kristen itu.

Sekretaris Komisi A, DPRD Kota Palu, Markus Sattu SH, kepada Sulteng.com, Kamis (06/09/2007), mengatakan, ia telah mendapat pemberitahuan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palu, bahwa dana tersebut, sebagian akan di sisihkan unntuk dua sekolah swasta tersebut.

“Setelah saya melakukan perundingan dengan Dinas terkait, mereka berjanji akan memberikan sedikit dari dana DAK untuk dua SD ini, dan saya sangat berharap janji ini dapat dipertanggung jawabkan oleh Disdik sebagai pihak yang mengatur anggaran dana,” tutur Markus.

Markus mengatakan, pengusulan untuk pengelokasian dana kepada ke dua sekolah tersebut, sudah dilakukan pada tahun lalu kepada Kepala Dinas yang lama yaitu Djikra Gorontina, dan saat itu ke dua sekolah itu, sudah masuk dalam Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang kemudian menjadi Perioritas Plafom Anggaran (PPA).

Namun pada kenyataannya, lanjut Markus, tidak ada sedikitpun dana yang didapat dari kedua SD yang kondisinya sangat memprihatinkan itu. “Terus terang saya kecewa, karena pada waktu itu, pak Djikra sendiri yang bilang pada saya, akan memberikan bantuan ke SD tersebut, bahkan sudah masuk dalam anggaran, tapi pada saat dana itu cair, sekolah ini tidak mendapat sepeser pun” kata sekertaris Fraksi PDS Kota Palu ini.

Untuk diketahui, dana DAK pada tahun 2007 yang berjumlah lebih dari 10 miliar itu, sudah di anggarkan untuk 38 sekolah SD. 32 dari sekolah negeri dan sisanya adalah sekolah swasta.***

Tidak ada komentar: