Senin, 10 September 2007

Sejarah Singkat Kota Palu

Sejarah Singkat

Kota Palu sebagai Kota Kecil Pusat Kerajaan Palu merupakan peninggalan penjajahan Belanda yang terbagi atas onder Afdeling (wilayah kekuasaan) dengan 3 (tiga) landschap yakni :

  1. Landschap Palu terdiri dari : Distrik Palu Timur, Distrik Palu Tengah dan Distrik Palu Barat
  2. Landschap Kulawi
  3. Landschap Sigi Dolo

Undang-Undang Nomor 44 tahun 1950 menetapkan Wilayah Daerah Sulawesi Tengah dengan Ibukota Poso sedang Palu hanya tempat kedudukan Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) setingkat Wedona.

Tahun 1957 status Kota Palu menjadi Ibukota Keresidenan

Propinsi Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah terbentuk melalui UU Nomor 13 tahun 1964 dengan Kota Palu sebagai Ibukota Propinsi Dati I Sulawesi Tengah.

Tahun 1978 melalui PP nomor 18 Kota Palu ditetapkan menjadi Kota Administratif dan selanjutnya melalui UU Nomor 4 tahun 1994 berubah status menjadi Kotamadya Dati II Palu dengan Wilayah Kota Administratif Palu dan sebagian Wilayah Kecamatan Tavaili.

Saat ini Wilayah Kota Palu terdiri atas empat Kecamatan yaitu :

  1. Kecamatan Palu Utara
  2. Kecamatan Palu Timur
  3. Kecamatan Palu Barat
  4. Kecamatan Palu Selatan
(Dikutip dari www.sulteng.go.id)

4 komentar:

asgardjuhaepa mengatakan...

Saya ingin sedikit mengingatkan bahwa kita semuanya tahu bahwa umur Kota Palu sebenarnya bukan 28 tahun walaupun secara Administrasi betul , kalau bisa kita kembali pada Sejarah dimana kita memulai hitungan umur kota Palu adalah sejak adanya Palu pertama kali , karena kalau melihat contoh sejarah Kota Jakarta , dimana saat ini diperingati umurnya sudah diatas 400 tahun lebih , oleh karena itu saya selaku warga kota Palu sangat menginginkan meninjau mengenai hitungan umur Kota Palu karena bagaimanapun akan berdampak pada generasi muda masa datang tentang sejarah kota Palu .By . Asgar Djuhaepa

fadilah mengatakan...

yuuupp... setujuwww ma pak asgar... itu sangat penting bagi kami anak daerah kota palu.. Maju paluuu...

momi mengatakan...

ingin tau aja...bagaimana awal mulanya pemberian nama Kota 'Palu'?
kenapa ibukota sulawesi tengah dinamai Palu? mohon infonya...trima kasih

Admin mengatakan...

, <http://vionetblog.blogspot.com