Minggu, 09 September 2007

Pemkot Pertahankan Saham CNE

Rencana investor untuk mengambil alih operasional Mall Tatura yang dikelola oleh PT. Citra Nuansa Elok (CNE), mendapat komentar dari Walikota Palu, Rusdi Mastura.

Saat ditemui Sulteng.com, Senin (3/00/2007) Bung Cudy, sapaan akrabnya, usai pelaksanaan rapat paripurna, di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DPRD Kota, mengatakan, rencana investor untuk mengambil alih pengelolaan Mall Tatura yang saat ini masih dalam pengelolaan CNE adalah kebijakan yang yang ideal untuk kelangsungan proyek besar yang saat ini sedang dililit hutang itu.

Hanya saja penggantian operasional dari CNE ke investor yang berinisial ‘B’ itu, harus menjalankan prosedur sesuai keinginan Pemerintah Kota (Pemkot), yaitu tetap mempertahankan saham milik Pemkot sebesar 43 persen di PT. CNE itu.

“Saya sangat mendukung bila ada investor yang mau meringankan beban yang saat ini CNE alami, tapi kami dari pemerintah akan setujuh bila saham kami yang ada CNE tidak di ganggu gugat,” ujar Cudi dengan gaya khasnya.

Dikatakannya, proyek yang nantinya akan mendatangkan pemasukan bagi ekonomi di Sulawesi Tengah Khususnya Kota Palu itu, perlu dibina dan harus terus mendapatkan perhatian dari pemerintah. Oleh sebab itu saham milik pemerintah yang cukup besar harus tetap ada, meski investor telah mengelola pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Kota Palu ini.

“Ini akan mendatangkan keuntungan bagi perekonomian di Kota Palu kedepan. Olehnya jika investor ingin mengelola proyek ini, harus berkoordianasi dengan saya terlebih dulu, karena kami dari Pemkot tidak akan setujuh adanya pengalihan operasional, apabila tidak menyertakan saham kami atau mempertahan saham milik pemerintah pada saat pengalihan nantinya” tuturnya.

Ia menambahkan, jika investor hanya mau peralihan operasional, dan tidak mau mempertahankan saham milik Pemkot, maka ia sebagai Walikota, tidak akan memberikan persetujuan, dan akan kembali kepada rencana awal yaitu Pemkot yang akan mengambil alih operasional yang ada di CNE dengan membayar hutang CNE kepada bank dan pihak ke tiga sebesar 43 miliar walaupun dengan menggunakan dana APBD.

“Kami siap mengabil alih operasional pengelolaan Mall Tatura, dan akan membayarkan Hutan PT. CNE kepada Bank dan pihak ketiga,” tandasnya. ***

Tidak ada komentar: