Kamis, 27 September 2007

Palu Pasok Bahan Baku Ekspor Furniture Rotan Nasional

Sebagai salah satu daerah penampung rotan terbesar di Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu menjajaki kerjasama dengan sejumlah kota industri di Pulau Jawa untuk memasok kebutuhan bahan baku ekspor furniture rotan nasional.

"Walikota Palu Rusdy Mastura saat ini sedang berada di Cirebon (Jawa Barat) untuk membahas masalah ini dengan walikota di sana dan akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan kesepakatan," kata Sekretaris Kota Palu, Arifin Hi Lolo, di Palu, Selasa.

Mantan anggota DPRD Sulteng itu menjelaskan, kerjasama kedua pemerintah kota tersebut nantinya disepakakti dalam bentuk nota kesefahaman (MoU) yang akan ditandatangani di hadapan Menperindag pada 16 Juli mendatang.

Dalam kesepakatan tersebut, katanya, Cirebon nantinya akan menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang mengekspor hasil kerajinan rotan yang sudah diolah.

"Cirebon adalah penghasil rotan olahan terbaik di dunia, sehingga kota itu layak untuk menjadi eksportir produk rotan, seperti aneka meubel, perabot rumah tangga, serta aneka cindera mata lainnya," ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkot Palu juga akan bekerjasama dengan daerah lain di Sulteng dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku rotan untuk industri nasional.

"Jadi tidak hanya Kota Palu saja yang memasok kebutuhan rotan untuk industri nasional, tapi juga melibatkan kabupaten lain," katanya.

Menurut Arifin Lolo, kerjasama tersebut secara tidak langsung akan mensejahterakan petani rotan.

"Para petani kita akan mengerti secara jelas kemana hasil rotannya akan dipasarkan dengan harga yang bersaing," kata dia.

Produksi rotan Kota Palu mencapai lebih 5.000 ton per tahun dari total 11.000 ton rotan produksi di Sulawesi Tengah yang merupakan penghasil rotan terbesar di Indonesia.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kenapa cuma memasok bahan baku boss...
kenapa tidak dipelajari teknik pengolahan rotannya sehingga ke depan nya Palu juga dengan dukungan bahan baku rotan yang berlimpah bisa menjadi sentra penghasil rotan olahan juga???